introvertMinggu kemaren ada temen yang mengatakan”Ndrew, kayaknya kamu tuh tipe-tipe orang introvert deh..!”. pas tak tanyain “Kok bisa?” , dia jawab “Ya bisa, kamu tuh orangnya tertutup dan tidak banyak temen yang tahu apa kegiatanmu, dan sedang ada masalah apa sekarang,../etc”. Sejenak aku merenung… :-?, bener ga sih..sempat kepikiran juga apakah benar aku ini tergolong orang introvet, ato mendekati introvet..
Penasaran juga dengan istilah introvet ini, googling2 dan dapet juga informasi meengenai istilah ini.

Introvert personality adalah suatu karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer. Tapi tidak semua introvert bersikap seperti itu, tidak sedikit orang introvert yang suka berkelompok dan membicarakan sesuatu dengan temannya walaupun kebanyakan hanya suka membicarakan atau melakukan hal-hal yang dianggapnya bermanfaat atas berbagai alasan.
Sumber diculik dari sini


Penjelasan singkat diatas sudah cukup untuk memberikan pengertian secara umum apa itu introvet. Sedikit akan aku cocokkan dengan apa yang aku rasakan pada diriku

karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer

/*kalo ini ada sedikit yang bener, mulai dari pendiam dan suka duduk berjam-jam didepan leptop (bukan komputer loh..).Suka menyendiri.. ya ga juga, kadang lebih seneng dengan teman-teman tapi yang cocok dan satu geng..*/

Aku tidak akan mengingkari apabila aku ini seorang introvert, kalo toh memang aku seorang introvert aku harus belajar untuk meyesuaikan dengan keadaan lungkungan, dimana kebanyaakan orang dengan karakter ini akan banyak menemui permasalahan.
Penjelasan lain yang lebih mendalam mengenai istilah introvert

JhungKonsep ini muncul sejak 1920-an dari seorang ahli psikolog, Carl Jung, dan kini menjadi variabel penting di berbagai macam tes kepribadian, termasuk Myers-Briggs Type Indicator yang terkenal itu. Kaum introvert tidak selamanya pemalu. Orang-orang pemalu adalah mereka yang cemas atau takut atau menampik diri dari lingkungan sosial; introvert pada umumnya tidak seperti itu. Orang introvert juga tidak anti orang lain, meski sebagiannya sepakat dengan Sartre yang mengatakan, “Sarapan bersama orang lain adalah neraka.” Lebih tepatnya, introvert adalah mereka yang merasa bahwa orang lain itu adalah sesuatu yang melelahkan.sumber tulisan dari sini

Orang yangmemiliki karakter introvert tidak banyak terdapat didunia ini, dan bisa dibilang kaum minoritas,

Menurut data berdasarkan analisa para ahli psikologi, jumlah populasi tipe karakter introvert lebih sedikit dibanding extrovert yaitu sekitar duapuluh lima persen dari total populasi dunia. itu membuktikan karakter introvert adalah kaum minoritas, artinya makin sedikit sekali kesempatan para introvert untuk unjuk gigi di bumi yang luas ini. Seperti kita ketahui, seorang introvert lebih suka dengan kegiatan yang bersifat individual. dalam jaman serba maju seperti sekarang, teknologi menjadikan hampir setiap hal lebih mudah. Internet, adalah suatu jaringan komunikasi terbuka yang menjangkau ke setiap sudut di belahan bumi, merupakan sarana komunikasi yang paling cocok bagi para introvert.

sumber diambil dari sini

Wah takut juga misalkan tersugesti dengan penjelasan ilmiah diatas, tapi yang jelas, aku berusaha untuk menjadi diriku sendiri dan itu memang seperti apa yang dibahas di tulisan diatas, I’m an introvert. ada yang ga sepakat…???

Related Posts

    No related posts found

Facebook Comments

comments

Powered by Facebook Comments