Apakah aku seorang introvert..??

introvertMinggu kemaren ada temen yang mengatakan”Ndrew, kayaknya kamu tuh tipe-tipe orang introvert deh..!”. pas tak tanyain “Kok bisa?” , dia jawab “Ya bisa, kamu tuh orangnya tertutup dan tidak banyak temen yang tahu apa kegiatanmu, dan sedang ada masalah apa sekarang,../etc”. Sejenak aku merenung… :-?, bener ga sih..sempat kepikiran juga apakah benar aku ini tergolong orang introvet, ato mendekati introvet..
Penasaran juga dengan istilah introvet ini, googling2 dan dapet juga informasi meengenai istilah ini.

Introvert personality adalah suatu karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer. Tapi tidak semua introvert bersikap seperti itu, tidak sedikit orang introvert yang suka berkelompok dan membicarakan sesuatu dengan temannya walaupun kebanyakan hanya suka membicarakan atau melakukan hal-hal yang dianggapnya bermanfaat atas berbagai alasan.
Sumber diculik dari sini


Penjelasan singkat diatas sudah cukup untuk memberikan pengertian secara umum apa itu introvet. Sedikit akan aku cocokkan dengan apa yang aku rasakan pada diriku

karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer

/*kalo ini ada sedikit yang bener, mulai dari pendiam dan suka duduk berjam-jam didepan leptop (bukan komputer loh..).Suka menyendiri.. ya ga juga, kadang lebih seneng dengan teman-teman tapi yang cocok dan satu geng..*/

Aku tidak akan mengingkari apabila aku ini seorang introvert, kalo toh memang aku seorang introvert aku harus belajar untuk meyesuaikan dengan keadaan lungkungan, dimana kebanyaakan orang dengan karakter ini akan banyak menemui permasalahan.
Penjelasan lain yang lebih mendalam mengenai istilah introvert

JhungKonsep ini muncul sejak 1920-an dari seorang ahli psikolog, Carl Jung, dan kini menjadi variabel penting di berbagai macam tes kepribadian, termasuk Myers-Briggs Type Indicator yang terkenal itu. Kaum introvert tidak selamanya pemalu. Orang-orang pemalu adalah mereka yang cemas atau takut atau menampik diri dari lingkungan sosial; introvert pada umumnya tidak seperti itu. Orang introvert juga tidak anti orang lain, meski sebagiannya sepakat dengan Sartre yang mengatakan, “Sarapan bersama orang lain adalah neraka.” Lebih tepatnya, introvert adalah mereka yang merasa bahwa orang lain itu adalah sesuatu yang melelahkan.sumber tulisan dari sini

Orang yangmemiliki karakter introvert tidak banyak terdapat didunia ini, dan bisa dibilang kaum minoritas,

Menurut data berdasarkan analisa para ahli psikologi, jumlah populasi tipe karakter introvert lebih sedikit dibanding extrovert yaitu sekitar duapuluh lima persen dari total populasi dunia. itu membuktikan karakter introvert adalah kaum minoritas, artinya makin sedikit sekali kesempatan para introvert untuk unjuk gigi di bumi yang luas ini. Seperti kita ketahui, seorang introvert lebih suka dengan kegiatan yang bersifat individual. dalam jaman serba maju seperti sekarang, teknologi menjadikan hampir setiap hal lebih mudah. Internet, adalah suatu jaringan komunikasi terbuka yang menjangkau ke setiap sudut di belahan bumi, merupakan sarana komunikasi yang paling cocok bagi para introvert.

sumber diambil dari sini

Wah takut juga misalkan tersugesti dengan penjelasan ilmiah diatas, tapi yang jelas, aku berusaha untuk menjadi diriku sendiri dan itu memang seperti apa yang dibahas di tulisan diatas, I’m an introvert. ada yang ga sepakat…???

150 Comments

  1. Gara2 pasangan gue blg bhwa dia introvert dan gue cb cari pengertiannya ternyata gue jg seorang INTROVERT.
    Kaget tapi emang betul…

  2. introvert it g jauh beda sih ma karakter org melankolis.
    Sifat malux it salah satu dr. ciri2-khas na.
    N gara2 gw introvert jg. Makax gw g prnh brhsl dlm pdkt k cewek.
    Ad saran g’?

  3. salam introvert!
    ga nyangka, selama ini saya menjudge diri sendiri sbg seorang introvert, dan ternyata memang benar. Dan benar juga kalau ini dibawa sejak lahir (saya buktinyaaaa)…..
    Perkumpulan highly introvertnya boleh juga tuh?

    I’m glad to see you guys =D

  4. Gw setuju banget sama Batloston..
    Menurut saya Orang introvert = orang yang susah mengungkapkan diri (tertutup) dan mostly itu disebabkan karena rasa takut direndahkan/ditolak/dianggap aneh.
    Orang introvert susah membuat orang lain mengerti tentang dirinya karena dia sendiri tidak mengerti dirinya sendiri.

    Menurut saya karakter Introvert bukan karakter bawaan dari lahir (karena mindset seseorang dapat dibentuk), melainkan ada pengalaman yang menyebabkan seseorang menjadi Introvert (terutama pengalaman masa kecil, dan bahkan yang sudah tidak lita ingat sekalipun) misalnya:
    lahir di lingkungan yang Introvert
    didikan orang tua
    pengalaman pahit, misal: ada pengalaman di lecehkan baik sexually/physically/dll
    pengalaman dijauhi teman
    ditolak cewek
    dll

    Dan saya rasa karakter Introvert dapat dirubah atau paling tidak diobati sedikit dengan memperbanyak share pendapat dan pikiran dengan orang-orang yang dapat kita percaya.

  5. salahkah jika aku seorang introvert???

  6. Well, I’m 100% Introvert..
    tp saya agak tersiksa sama keadaan ini..
    Pgn bisa bersikap lebih ramah n bersosialisasi kyk orang normal..
    XD

  7. Penjelasan tersebut bisa di minimalisir atau tidak,saya ingin bergabung dengan kelompok yang lain. Karena saya juga termasuk introvert

  8. hahaha,, tonjolkan kebaikan minimize keburukan. tho jadi introvert gak merugikan orang lain.

  9. Introvert lebih mengacu kepada orang yang sibuk dengan apa yang ada di pikirannya dibandingkan dengan apa yang terjadi di sekelilingnya. Orang yang introvert juga akan memilih untuk menyendiri jika ingin menyegarkan hati dan pikirannya

  10. I do introvert. Bhkan saat aq ngetik tlsan ini, statement itu msh nguing2 di tlinga. Jodohnyalah,iseng search di google,dan aq nemu page ini. Kdg ngrasa tersiksa jg d/ ke introv-an ini,pgn crta tp ga tw ma sapa,tkt dijudge,dan bla bla bla,tp mncoba mjd tdk introv pun bkn hal yg gampang bhkan kayak momok. Ada bbrp ksamaan dr crta2 tmen2 diatas,tp kalo aq:
    1. Aq ga ngrasa susah bergaul, hny aja dkit susah adaptasi tp finally bisa
    2. Aq suka kesendirian tp jg suka dgn keramaian, hny aja aq lbh nyaman di keramaian d/ org2 yg dkt sm aq
    3. Aq pny byk tman tp sdikit bs aq jdkan shbat. Aq stuju d/ statement yg blg “introv ga sk mbhs hal yg ga pntg d/ org yg drasa ga tepat u/ diajak curhat”. Dan kbykan org yg jd shbtku adlh org yg introv jg.

    Anehx, qt smwa dsni ngerasa introv,tapi kok qt bs jujur crta ttg apa yg jd kekuatiran qt ya??? Bknx introv menutup diri d/ hal yg pribadi?

    Mgkn kalo qt smwa bersatu , qt bs mengimprove ke introvert-an qt ini.

    Pada dsarnya sih qt ga perlu kuatir d/ ke introvert-an ini,krn byk org yg sbnrnya ga menilai bhw qt adalah introv,mrka lbh srg blg qt ni org yg humble,pemalu,srius,kutu buku,bla bla bla. Bhkn byk org yg pcya u/ crta rahasia ke introv,krn mrka ngrasa qt org yg ga pny mslh .
    Cuma negatifx yg aq rasa slma ini. Kalo mw curhat agak terbatas z,krn shbt2ku jg pny ksibukan sndri n ga bs slalu ada pas aq perlu. Jd solusix,aq lbh crta ke Tuhan,nulis,bt musik,dll. Pngalaman buruk d/ introv-ku adlh aq prnh jd bhn “siksaan” seniorku krn aq ga mw iktn kemauanx,alhasil aq kyk “betty la fea-nya”, staf yg jago n loyal,tp dianggap ga gaul. Aq ga bs curhat ma tmen kntr krn aq ngrasa ga nyaman d/ org2 dsana,aq mrasa mrka sama spt seniorku itu,dan aq tkt kebablasan,niat nyari selamat mlh jd kualat,jd aq ptskan u/ mendam z.

    Anw,thx bt sharex y tmen2. Mg2 ide bikin komunitasx bs dwujudkan. Regards!

  11. aku emang termasuk orang yang introvert, ga bisa banyak basa basi sama semua orang seperti temen nge gym, temen kantor, temen kuliah makanya w suka ga diajak pergi sama yang lain,,karena w orang nya ga seru alias ga bisa banyak bercanda, tapi malah temen2 w yang suka ngumpul bareng malah pada musuhan alias berantem lewat FB, mungkin karena banyak waktu happy2 keluar kali ya,, makanya semua itu ada enak dan nggak nya juga, dan jangan menyangka kalau orang ekstrovert selalu enak, mungkin dia selalu banyak teman di setiap suasana tapi mereka mungkin sulit cari temen yang cuma bisa enak tapi ga ada yang bisa bantu di saat susah :)

  12. Dr.Green said obat untuk orang introvert itu adalah Married or Kawin dengan begitu kita akan lebih mudah terbuka dengan orang lain..

  13. Hemm…
    Memang sptny aku sama seperti kalian, kriterianya sesuai smua dgn aku,
    dan aku sedikit terobati bertemu kalian, apalagi bisa bertemu reallife
    memang sptny sifat ini tidak bisa drubah, sekeras apapun kita mencoba toh pada akhirny org akan tau dan menjudge bahwa kita adalah introvert,
    saya sangat tidak nyaman dgn situasi spt ini,hati ini sering merasa sakit, adakah solusinya??
    Dan bagaimana dgn forum, apakah ada kelanjutanny?

  14. gimana mau kawin, bergaul aja susahnya minta ampun. kyk gw neh umur 30 thn belum kawin2, yahh beginilah nasib seorang introvert…

  15. Kalo aku liat banyak yg beranggapan kalo introvert itu orang yg penyendiri, kalo extrovert orang yg seneng gaul. padahal kalo menurut aku sih baik introvert maupun extrovert bisa bergaul maupun menyendiri. jadi bukan kadang bisa jadi introvert, atau kadang bisa extrovert. tapi tetep bedanya sangat keliatan kok. bagi seorang introvert (termasuk aku nih) kalo ngumpul sama temen-temen, aku ngerasa males banget ngomentarin obrolan mereka, yg aku pikir ngga ada isinya. aku lebih asik dengan pikiran ku sendiri. aku cuma mendengarkan sama memperhatikan mereka, tanpa ikut berkomentar tapi malah sibuk dengan pikiran sendiri. setelah beberapa saat juga aku ngerasa pengen cepet-cepet selesai, pulang, masuk kamar, ngelakuin banyak hal sendiri yg aku mau.
    orang introvert bukan berarti ngga suka punya temen. dan bukan berarti tertutup sama semua orang. justru kalo aku sendiri pengen banget cerita banyak hal sama orang tertentu.

    dulunya aku ngerasa aneh dengan diri sendiri (kebanyakan pasti gitu ya? wkwkwk). dan pengen ngerubah semua jadi seorang extrovert. tapi setelah baca banyak hal ttg introvert ternyata semua baik-baik saja. Yg perlu dirubah bukanlah kepribadian kita dari introvert ke extrovert. tapi lebih ke sikap kita.

    “Berhentilah menganggap dirimu aneh, kawan. Tidak ada yg salah dengan semua yg ada. Lebih baik pelajari dirimu sendiri jauh lebih dalam lagi, agar kita lebih mengerti bagaimana untuk bersikap. Daripada terfokus kepada menebak-nebak penilaian orang lain terhadapmu.
    Bukan tentang siapa kita, tapi apa yg kita pikirkan, lalu kita sampaikan, kemudian kita lakukan, ke arah yg lebih baik.”

  16. aku tak perduli dengan yang kalian bicarakan.

  17. apakah jika seseorang merasa hanya percaya pada dirinya, mrasa tidak butuh orang lain untuk setiap masalah yang ia hadapi, tidak mudah menaruh percaya pada orang lain, lalu lebih suka memendam sendiri apa yang ia alami dan rasakan. dan 1 lagi sedikit bahkan jarang berkata-kata kalo ketemu orang laen. apa orang seperti ini juga termasuk introvert???

    czcm itu yg q rasain,

  18. 1. Menyendiri : check
    2. Menyelesaikan masalah sendiri : check
    3. Kumpul ama tmen 2x yg cocok aja : check
    4. Bukan pemalu, coz sometimes show off proud 2 b different idea (biasanya di lingkungan kerja) : check
    5. Internet & game console mode on : check
    6. Pendengar yg baik meski bukan yg terbaik : check
    7. Full music headset : check
    8. Introvert : double check

    setelah baca artikel diatas saya sbg manusia biasa cuma bisa bersyukur ke pada NYA
    sampai saat ini saya heran sekaligus kagum karena dalam kehidupan ini semua berbanding terbalik dgn keintrovertan saya, Alhamdulillah saya bisa beradaptasi, dan saya berharap selalu bisa, amin!….
    Kalo dipikir pikir 25% dari populasi yahhh gak minor 2x amat……tetep semangat!!!!!!!!!!! Tidur lagi ah….. Mumpung off

    peace out

  19. Saya juga introvert..
    Hampir semua ciri2 yg disebutkan dalam komentar2 di atas sesuai dg kondisi saya..
    Biasanya bisa bersifat terbuka dan justru lebih mudah dengan orang2 yg tidak kenal dengan kita, seperti kita2 dalam forum ini..
    Kita semua introvert, tapi lebih mudah curhat tentang kepribadian kita dalam forum ini ketimbang dg orang2 yg kita kenal..

    Entah itu ekstrovert atau pun introvert, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan..
    Dan terkadang kita bisa memiliki sifat kedua-duanya, namun condong di satu sisi..

    Yang terpenting adalah selalu berpikir “apa yang dapat kita berikan untuk orang lain”, bukan “apa yang dapat orang lain berikan untuk kita”..
    Perlakukan hidup ini sebaik mungkin..

  20. susahny jd introv di lingkungan ekstov, tak pernah dilibatkan dlm stiap pengambilan keputusan krn dianggap aneh dan tak pny pendapat, padahal yg mreka putuskn tk lbih baek dr ap yg aku pikirkan…

    Huufft.., dmn za bs beli obat keberanian..??

  21. Bisa ngga pola pikir org introvert sejalan dgn org extrovert ?

  22. Saya seorang introvert rupanya… O_O
    Saya paling nggak senang kalau ada orang yang bilang Saya sombong,padahal Saya cuma suka diam dan tidak suka banyak orang… T_T

  23. haha, berarti aku juga introvert dong. cocok banget sama posting yg di atas. tapi g apa2 lah, ak ngrasa nyaman kok. wkwkwkwkwkwkwk. yg penting enjoy aja.

  24. Pacarku seorang yang introvert, sangat berda dengan aku yang ekstrovert. perbedaan ini kadang jadi masalah bagi kami, terutama karena komunikasi seakan-akan hanya dari satu pihak (red: dari pihakku).
    Wahai kawan2 yang introvert, kalo kalian lagi ada masalah, biasanya kan lebih suka dipikir n diselesaikan sendiri. kira2 apa yang bisa membuat kalian mau nge-share dengan orang lain….

  25. aq mo tanya nih temen2..

    aq tuh pendiem, pemalu, dan krg bisa bergaul sama org lain.
    kalau jarang bareng temen2 aq kya gk nyaman n gk bisa berbaur sama mereka.
    sering menyendiri jga iya dan yg paling parah kalau aq udah menyukai sesuatu aq udah kyak org autis, berusaha mencari sampe puas dan biasanya lama bru hilang, pikiranku jga tentang itu semua..
    kadang aq berpikir aq stress, beberapa org terdekat jga mengiyakan kalau aq kya ada kelainan jiwa.
    aq jga org nya keras kepala dan gk percayaan sama orang sebelum aq liat n buktiin sendiri.
    tpi kalau ngelakuin sesuatu ato pergi kemana2 sendiri aq malah gk bisa, maunya ditemenin terus n gk pd banget.

    nah yg mau ku tanya apakah aq ini hanya gk pede aja ato autis ato introvert yah ??

    thx sebelumnya yah ^0^

  26. astaga gua baru nyadar kalo gua intovert..
    tanda2 yang di sebutkan di atas mirip bgt sama perilaku hidup gua..

  27. akhirny nemu jg forum wt orang2 macem gw..”

    dri kecil q mang dh ngrasa aneh ma diriku sndiri… “ko q beda y ma orang lain..” lbih sneng “larut” ma khidupanku sndiri.. ktimbang berbaur ma yg lain..
    tpi q bukanny jenis orang “pemalu, individualis, antisosial dll..” cos q orang yg trmasuk aktif dlam berbagai kegiatan molai dri ng”band”, “sepakbola”, gabung ma “komunitas seni rupa” dll, yg menuntut q wt aktif bersosialisasi sma mreka.. dan ternyata ga da masalah..
    y cuman itu tadi,.. hanya sbatas ngbahas hal penting yg perlu di lakukan pd kgiatan trsbut, ngga yg lain..” dan mungkin memang bener orang sperti qt ga suka ngbahas hal2 yg ga penting/bermanfaat…

    dan stelah smuany selesai, trus pulang,.. kembali deh mnjadi pribadi yg menganggap “larut” dlam k”sendirian” merupakan hal ter”nyaman” dan ter”mewah” yg diberikan tuhan ntuk bs q nikmati di khidupan ini…

    menjadi”introvet” klo wt q “nikmatin aja”.. krena itulah q.. lebih nyaman jdi diriku…””

  28. hemm..yg dikatakan ma yahoo..kena bgt ma apa yg q alami..jujur dulu wktu q msh kecil da pengalaman sering dilecehkan temen,di ejek,bhkan pernah di jauhin temen,kebanyakan org yang mau temenan ma q cmn manfaatin aq..gak tau napa…dari TK sampe kuliah q sering di gituin…makanya sampe sekarang q introvert…takut pengalaman kyk gitu terulang lagi…org lain sering mengaggap aq aneh to gmn…kadang aq iri liat anak2 lain nongkrong2 ma bnyk temen…..sedangkan aq cmn bisa liat sendirian d kejauhan….tp mau gimana lgi q trauma ma pengalaman pahit kyk gitu…kdang q suka berbohong buat nutupin sifat introvert dan pengalaman pahit q….aq harap sifat trauma q bisa ilang..dan bisa nemuin temen2 yg mau bersahabat ma anak kyk aq…thanks

  29. senangnya tnyt aq seorg ciri2 sbg Introvert.. pdhl pd dsarnya seorg Introvert sptku ini mau gabung dg Extrovert, tp mrk sptny mrk sdh sungkan dluan kpdku,, aq diam bkn b’arti aq sombong, cm bagiku, knp mrk sllu bicarakn hal2 aneh yg kadg bg ku gak ptg tp koq terlihat lucu dn seru bgtu.?? tp yg aq tau,, seorg Introvert adlh Pemikir Sejati nan ULung krn tiap detiL sktr akn diamati dn antara perasaan dn logika berjalan trus mnerus tp tanpa qt mampu bersuara..? sedih kadang kala apbl ad yg vonis aq spt Autis (pendiam bgtu).. duch..duch cm media ini yg sptnya mengetahui btapa anehnya diriku.. smoga kalian tau betapa ….. aq..

  30. saya juga seorang yang introvert, tp juga berusaha mencari hal baru diluar, atau intinya tidak selamanya sebagai org introvert harus individualis. Sosialisasi sangat dibutuhkan, dan ini yang jarang dilakukan org introvert pada umumnya.

  31. hahahayy,,ternyata pada reunian yak, heheh,,saya juga cenderung introvert, alhamdulillah,,saya mudah beradaptasi dengan lingkungan,,

  32. ane juga kayaknya introvert dah, ane rada kurang bisa bergaul

    temen ada banyak tapi sahabat kayaknya cuman atu :D

    ane pernah maksa coba berteman ama orang orang yang gak cocok,

    tapi jadinya bete banget dah :s

    ngomong ngomong yak, apakah introvert bisa di bilang kuper??

    Baraqallah

  33. yap,,entah bagaimana..berinteraksi dg mesin&gagdet lebih menyenangkan drpd dg manusia (yg lbh sering mengecewakan). G’ pernah mau memahami org lain, jarang ada yg bisa dipercaya, susaaaaaaaaaah banget pokoknya…
    satu lagi! haus akan POPULARITAS.

  34. yes I’m Introvert…!
    tapi makin banyak orang introvert bergabung dengan orang yang introvert trus bikin PPI masih bisa di bilang Introvert ga?ato mungkin bisa berTranspormasi jadi Ekstrovert..
    SALAM KENAL ^_^ V

  35. jd dsebut introvert ya..q bru tau istilah ini stlh bca novel,,lalu mncri lbh jauh trnata nemu dsini,,q slalu mprtnykn sift q ini.,ad yg mnjuluki aq autis..q mnyadari sift q ini,aq kuliah d kguruan (slalu blg mnjd guru adlh cita2 q) seiring wkt q trus brfkir ap ini co2k utk q??ap aq tdk slh jln?mgkn ini hnx plarian utk mnutupi k introvertn q dri omongn msyrkt

  36. bangga menjadi introvert…hehehe….

  37. Salam Introvert….

    keluarga saya mengatakan saya adalah pribadi yang introvert..saya pendiam dan memang kurang menyukai keramaian,kurang suka banyak bicara,lebih senang dengan menyendiri,sepertinya ada kenikmatan tersendiri, saya juga lebih suka bekerja sendiri tanpa harus bergantung dengan teman2 atau keluarga,saya lebih sering tidak pede dengan hal2 yang sifatnya banyak orang,bahkan dilihat orang banyak..saya mau melakukan sesuatu tanpa ada yang gabung
    atau melihat karya kerja saya..

    Tetapiii…sifat2 seperti itu,sudah banyak yang luntur dari pribadi saya,
    karena saya selalu mendapatkan kritikan terutama dari keluarga,
    yang membuat saya banyak berbenah diri dan walhasil,beberapa tahun yang lalu,saya sempat bekerja di call center,belajar banyak bicara,belajar membuka diri dan saat itu, banyak dealing dengan customer yang hard complaint,bekerja sebagai marketing…walhasil lagi, jadilah saya pribadi yang baru tanpa melepaskan sifat asli saya sebgai pribadi yang introvert..

    Tetap saja sifat introvert itu masih melekat,namun kadarnya sudah tidak terlalu introvert,justru saya bangga dengan sifat introvert saya,
    tidak selamanya introvert itu buruk,karena ada beberapa sifat yang masih saya pertahankan dan justru orang2 introvert punya karakter
    yang unik,bagian dari ciptaan Tuhan ;-)

    Kalau memang ada komunitas orang2 introvert,mau donk,saya join
    mohon di infokan

    Salam Introvert

  38. terima kasih atas postingannya dan itu menjadi saya yakin bahwa saya introvert. hehehehe.. tapi setidaknya saya masih bisa bersosialisasi tapi aga susah. hehe

  39. that”s me,paling males klo diajak temen ngumpul2 klo ga perlu2 amat, cenderung suka melakukan apa2 sendiri, suka berpergian sendiri, dibilang sombong paling sering, yah nasib jadi seorang introvert

  40. Sampe nangis bacanya, baru tau ternyata aku introvert sejati. Sejak lama aku merasa berbeda, saat tiba di lingkungan baru aku slalu merasa berusaha lebih keras dari orang lain untuk dapat diterima..

  41. buat temen2 yang dirinya ngerasa introvert,.. tenang,..kamu bisa menghilangkan introvert kamu,.dan menjalani kehidupan ini dengan lebih indah.caranya simpel?,.kamu hanya perlu sadar bahwa hidup itu perlu teman,sahabat,pendamping atau pacar …coba kamu bayangkan saat2 kamu waktu di sekolah dasar,..indahnya persahabatan,atau pertemanan…sekarang kamu tinggal membayangkan masa2 kecil tentang pertemanan kamu, lalu kamu aplikasikan di kehidupan sekarang…selamat mecoba..
    klo kamu pengen tau lebih jelasnya, ni fb aku,./nizar.arifin93@gmail.com

  42. Aq introvert banget…susah mau dapetin cewek..krn aku ga banyak bicara alisa pendiem..

    “Semua bisa sukses, semua bisa memimpin, semua bisa hidup baik, siapapun itu. Yang penting mengenal diri sendiri.”

    Pada dasarnya, para introvert tidak takut bekerja dikelilingi orang lain, namun tipe kepribadian ini hanya memilih untuk bekerja sendirian. Konsultan karier asal Minnesota, JIST Publishing, mengatakan bahwa tipe kepribadian introvert bisa jadi merupakan pemberi solusi yang baik, punya kecenderungan untuk bekerja sebagai analis sistem komputer atau peranti lunak, akuntan, penasihat keuangan, teknik sipil, mekanik, dan desainer grafis.

  43. ikut menyimak teman,
    kalo mbaca page ini rasanya beban jadi agak teringankan sebagai orang yang dicap “introv”,walo ga banyak orang seperti kita tapi jadi mrasa lebih tenang aja klo tau ada org yg snasib he…

  44. Kayaknya aq jg introvert deh…hihihi :-D

    Da sk da gknya jg c

  45. ternyata byk juga yang introvert ^^ Mungkin karena kumpul ya. Gw jg introvert. sekalipun bikin facebook tp males bikin status ato komen. kumpul2 males kecuali ada tujuan yang jelas. Ini semua bikin byk introvert yang nge-jomblo T_T

  46. hem,,,,karakter introvet,,menyukai kesendirin,,,jauh dari keramaian,,,
    tapi ,,,nyaman aja bagiku,,

  47. Baru tau juga saya introvert. baru tahu, dan lega. ternyata keinginan menyindiri dalam damai ini bukan suatu kelainan, atau penyimpangan. kadang aku maksain untuk tampil di depan. tapi itu bukan saya. Saya introvert dan saya bangga

  48. menjadi inrovet, kupikir menyenangkan, walau dengan kekurangan yang dimiliki, tapi kan masih punya banyak kelebihan juga kan?.
    Aku bangga menjadi pribadi introvet, karena dengan ini kubisa jauh lebih paham dengan diriku sendiri, yang dengannya kelebihan dapat senantiasa kugali dan kekurangan yang kupunya pun kan kucoba kutambal dan perbaiki selalu…
    Let’s proud by our self!! :)

  49. Saya introvert… Saya punya dunia sendiri… Apa yang saya pikirkan dan mereka pikirkan berbeda… Saya memandang sesuatu bukan dari sisi yang mereka lihat…

  50. Apakah orang-orang introvert itu memang terlihat ‘dingin’, apa mudah membuka pikiran seorang introvert ?
    Maksudnya, apakah mudah mengubah pola pikir introvert yang cenderung pendiam, menjadi orang yang mudah mengutarakan sesuatu ? jika memang benar bisa, apa ada tulisan yang merujuk kearah itu ?

    Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2014 notepad

Theme by Anders NorenUp ↑