Mengenal Inkscape, Aplikasi opensource pengolah vector grafis

inkscapeSedikit sharing pengalaman memakai aplikasi pengolah grafis, atau lebih spesifik vector ilustrator. aku dulu pertamakali belajar grafis dengan corel draw, mulai dari corel draw 8 , 11 dan terakhir X3. Sekarang sudah keluar juga yang versi X4 lho..silakan cek di official site corel, aku ga kan bahas mengenai corel nya. tapi aplikasi desain grafis yang bisa menggantikan peran corel draw yang ada di lingkungan operating system linux.

Inkscape secara interface hampir mirip dengan corel draw, dari segi tata letak tool boox, button bar dan sidebar. Untuk versi terbaru, 0.46 sidebar sudah menyatu pada window samping kanan, tidak lagi lepas seperti pada versi sebelumnya (–0.45). Untuk informasi terbaru silakan kunjungi official sitenya disini.Color box diletakkan dibagian toolbar bawah untuk memudahkan drag n drop saat pewarnaan path.

Aku dulu fanatik terhadap Corel Draw untuk semua grafis yang aku buat, mulai dari poster, layout leaflet, famlet bahkan untuk pembuatan layout website :P. banyak alasan, corel adalah aplikasi yang mudah digunakan, tinggal drag and drop, jadi sempat aku bilang pada temen saat ada yang mau belajar corel “Membuat objek yang di Corel itu mudah, yang susah adalah ide akan membuat apa dengan aplikasi Corel”. Sekarang ini aku sudah meninggalkan windows untuk kerja sehari-hari, jadi otomatis corel juga harusa aku ganti dengan yang lain yang sesuai dengan platform linux. Walaupun bisa sih, corel di emulator dengan aplikasi wine, namun sama saja corelnya pasti ga legal, ya belajar mengurangi pembajakan gitu..:P. Semenjak itu aku banyak berurusan dengan Inkscape untuk pembuatan grafis.

Keunggulan Inkscpe yang aku tahu:
- source codenya dibuka, kita bisa memodifikasi sesuai keinginan, {kalau mau and mampu sih..}
- hasil gambar vectornya lumayan lebih halus daripada corel {menurut saya loh}
- untuk gradasi dan masking juga lebih soft
- file hasil nya berexstensi *svg, yang bisa di preview lewat window manager, dan kalau di view gambarnya ga pecah..

Namun dibalik kelebihan inkscape, ada juga sedikit kekurangan yang mungkin akan diperbaiki di versi selanjutnya. Versi terbaru versi 0.46. Silakan cek di http://inkscape.org untuk informasi detilnya..
kekurangan inkscape:

- agak berat apabila gambar yang dibuat sudah komplek dan bermain gradasi dan masking, {semua aplikasi kayaknya juga seperti ini, jika gamba sudah komplek >> berat editingnya }
- belum bisa membaca dan mengedit file dengan ekstensi *cdr (milik corel draw), untuk file *.ai bisa dibuka tapi agak sedikit kacau, ini yang mungkin akan diperbaiki selanjutnya.
- Inscape lebih khusus ke vector ilustrator jadi untuk bitmap editing belum selengkap corel. Ada tambahan library untuk plugin effect >> image untuk tambahan bitmap editing

Buat rekan-rekan yang juga berkecimpung didunia grafis, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini untuk menghasilkan karya yang legal. selamat mencoba. :)

Logo Inkscape diambil dari sini

25 Comments

  1. menurut saya ini bagus. tetapi kurang lengkap sedikit, yaitu belum ada pengertiannya.

    maaf bila komentar saya menyinggung anda

    thank’s

    andrew:
    Terimakasih sudah berkenan mampir mas..
    iya, sebenarnya ini belum ke inkscapenya, kedepannya saya akan berusaha untuk belajar lebih lagi, dan saya post disini
    Oh ya ini pengertian inkscape, saya ambil dari wikipedia:

    Inkscape adalah sebuah perangkat lunak vector graphics editor yang bersifat Perangkat lunak bebas. Saat ini Inkscape masih dikembangkan dan dengan bantuan Gaussian blur sejak versi 0.45 telah mampu menghasilkan gambar SVG yang mutunya hampir sama dengan foto. Saat ini Inkscape belum mendukung animasi dan SVG fonts.

    Inkscape dikembangkan terutama untuk Linux, namun bersifat cross-platform dan dapat dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan lain-lain. Lisensinya adalah GNU General Public License.

    Inkscape dimulai pada tahun 2003 oleh Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY, menggunakan bahasa pemrograman C++.

    banyak sekali referensi yang bisa mas baca, silakan kunjungi official site nya

    maaf bila komentar saya menyinggung anda

    Ah, mas ini terlalu sensitif..
    terimakasih atas masukannya

  2. Saya setuju untuk komentarnya tentang Inkscape, memang patut dicoba. Kebetulan saya seorang guru TIK dan saya menagajarkan materi desain grafis pake Inkscape, siswa gak masalah tuh, bahkan karya mereka cukup bagus-bagus. Jadi mari kita gunakan software legal untuk pendidikan. Jangan ngajari membajak dong !

    andrew:
    Terimakasih sudah berkenan mampir
    Salut buat bapak yang ikut mengajarkan software grafis inkscape untuk pendidikan, saya juga mempunyai kenalan dosen yang juga penggiat open source, mungkin bapak berkenan sharing dengan beliau.. :)
    Segala sesuatu tergantung kebiasaan saja, jadi jika sedari awal sudah diajarkan penggunaan free software maka kedepannya akan terbiasa dan akan menyadari akan pentingnya menghargai HAKI.
    Mari berkarya dengan opensource software.. :D

  3. Mas Andrew,
    Terimakasih info Inkscape-nya, ketika saya menulis comment ini saya sedang mendownloadnya.
    Kebetulan saya sedang berusaha beralih kebiasaan menggunakan software yang ‘biasa’ nih..:). Oh iya saya juga pengguna software untuk arsitektur dikantor (Cad/Revit) kalo ada info opensourcenya boleh dishare juga!

    maturnuwon


    andrew:

    Terimakasih Pak sudah berkenan mampir :)
    Iya, silakan coba Inkscape nya, hasilnya ga kalah kok dengan yang bajakan :P.
    untuk software arsitekturnya, dulu pernah coba qcad tapi ga sempat ngelanjutin. alternatif lain bisa menggunakan google sketch up.

  4. Thanks for the info nih mas, kebetulan saya baru mau mulai belajar gambar pake komputer, hehe… Lagi cari2 alternatif corel draw terbaik di linux, dan sampai saat ini kayanya inkscape jadi pilihan, apalagi setelah membaca tulisan mas ini. Ok deh mas, Forza Open Source!

  5. Thx infonya mas Andrew (namanya sama….hehehe)
    Inkscape emang asik kok, apalagi yang terbaru, lumayan lbh lengkap.
    Dan yang pasti lebih enak dan gampang dipelajari daripada Corel.
    Aku seneng pake Inkscape, karena gak pasaran, dan yang paling penting, gak Bajakan..hehehe
    Dah banyak hasilin duit nih si Inkscape.
    Cuma ada satu masalah nih mas, kok aku gak bisa nemuin cara utk Text to Path kaya’ di Corel yah, bisa sih, cuma gak bisa diatur-atur.
    Ada yang tau ?

    andrew:
    makasih juga mas andrew grotesque dah berkenan mampir…
    aku dah lihat wallpaper yang dibuat pake inkscape, keren banget mas……
    oh iya, sedikt sharing…

    Cuma ada satu masalah nih mas, kok aku gak bisa nemuin cara utk Text to Path kaya’ di Corel yah, bisa sih, cuma gak bisa diatur-atur.

    > Maksudnya yang text mengikuti alur path itu ya?
    barusan aku coba, dengan membuat text dan path yang dibuat melengkung, ddiseleksi semuanya, kemudian dipilih pada menu bar Text >> Put on path.
    misalkan ingin mengubah kelengkungan dapat mengubah pada path nya dengan tool Edit Path by node (F2)
    > Kalau maksudnya menubah Text menjadi path lepas, atau mengubah huruf menjadi karakter tertentu, misalkan untuk membuat logo.
    dapat menggunakan Path >> Object to path

    CMIIW

  6. Kang Andrew..
    makasih bnyk supportnya, skrg aku lg ngejalanin usaha printing kecil2an.. aku jg lg pelan2 ninggalin prog “Cxxxx”. Malu design keren.. programnya bajakan.. he.. he..
    Inkscape lumayan jg, skrg rada enak walau dikit “greget”.
    Banyakin aja tutornya kang..
    Hatur nuhun..

    andrew:
    Makasih juga Kang sudah berkenan mampir..

  7. Banyakin aja tutornya kang..
  8. iya, insya Alloh kang…

  9. saya nemu blog inkscape mas andrew. pakek acara bagi pdf gratisan segala mas!
    http://www.inkscapetutorials.blogspot.com/

    andrew:
    thanks infonya..sangat membantu sekali..
    tapi image nya ada yang ga muncul tuh..

  10. Coba dulu Font Switch-nya belum bisa dipakai

  11. mas,, gila,, saya inkscape lovers.. apakah mas juga?? aplikasinya mantep banget..

  12. yup,
    inkscape memang bagus, sebagai aplikasi opensource yang tidak kalah dengan aplikasi vector grafis yang berbayar lainnya..

  13. Font switch yang mana ya?
    atau maksudnya mengubah jenis font..
    misalkan itu yang dimaksud, tinggal klik diikon T..
    atau pake Crl + Shift + T

  14. Forza open source juga .. :D

  15. Inkscape cukup bagus sayang belum ada power clip tapi itu bisa diakalin Ka .Bikin logo Operator ponsel juga bagus

  16. a little bit tiny problem…

    ndesain nang inkscape, save as svg format….digowo nang percetakan (biyen kae gawe banner stiker karo kartu nama), dibuka nganggo corel mawut tenan hasile…trus balik maneh..soko inkscape di export as png….tp yo kuwi ra penak mergo dudu vector kan, rodo ketok pecah, padahal wes resolusi gede tenan….

    any suggest?

  17. Pas, nge export resolisinya dijadikan minimal 300dpi..insya Alloh ga pecah..pecah itu karena resolusi hasil export an yang terlalu kecil saja….

    regards

  18. dadi aku save e nang format opo ndre?
    nek kurang yo ora, lha wong file e wae gedhe ne nganti 3MB kok, untuk ukuran kartu nama (9×5,5cm) mosok iyo resolusinnya kurang?? sing png kuwi…

    nek sing svg aku bingung, mawut….lha percetakan ki mung nyediake programe C***L je…piye jal…opo aku nggawe gimp portable wae?? hehehe….

  19. ya format png lah..tapi yang ukuranya dah fix..dengan resolusi 300dpi lah..
    masalah c*r*l ga maslah..kan 8.png bisa di import dimasukkan di corel trus di print..aku biasanya nyetak di percetakan agak terkenal di sagan ituh..masnya sudah bisa melayani dari *.png
    tapi ya itu tadi ..resolusinya jangan pecah..

  20. pancen iso ndre tp iyo bedo kok hasile antara sing vector karo image….kurang alus ki sing image tulisane…

  21. Iyo memang lebih halus yang vektor, agar ga pecah image yang digunakan memang harus ukuran 1:1 dengan ukuran cetaknya..biasane sih dihaluskan dulu lewat Gimp

  22. Music & Graphic

    Apa ada yg pernah coba Artpro System Artwork?
    Meski harganya mahal tapi mampu menghasilkan trilyunan rupiah. Tapi hanya bisa di Mac n OS PC Mac.

    Salam kenal buat semua..
    Dari Tongkrongan anak anak Music & Graphic

    Sebab selain di Graphic, aku jg sering nongkrong di Music.
    Bersyukur rasanya bila dapat memilih satu diantara dua hal yg menjadi tongkronganku ini. Tapi sayangnya, keduanya begitu berkaitan.

    Mau yang namanya Freehand, Flash MX, Adobe Illustrator, Corel Draw, Adobe Photoshop, Image Ready, Inkscape, NT Packages, Artpro (Rev berapa aja) tetep nyangkut ke Music.

    Mohon dukungannya bos buat kemajuan kami di depan.
    Makasih bwt free time nya!

    jangan lupa maen ke sini:

    http://www.friendster.com/jeniusfriendster

  23. thanks om atas infonya. biasanya saya menggunakan corel draw, dan AI. kira kira bagus mana ya

  24. menurut saya program inkscape lebih praktis dan efektif karena memiliki tool-tool yang dapat membantu kita dlam menyelesaikan suatu mode gambar /desain gambar .kelemahan corel draw terletak pada suatu tool yang kurang dapat membantu pekerjaan supaya lebih praktis.namun jika kita mencoba untuk mentrace wajah seseorang menggunakan corel draw,pasti hasil akan lebih menarik dibandingkan menggunakan inkscape.

  25. sayang sekali inkscape amat lambat jalannya di computer saya (OS Linux Mandriva 2010) jadi saya jarang menggunakannya, bahkan corel draw yang saya install dengan wine lebih cepat kerjanya dan gegas daripada inkscape, apa anda tahu bagaimana cara mempercepat kinerja inkscape ?

  26. kak, program inkspacenya kurang lengkap soalnya q ada tugas buat nyari program inkspace
    tapi dah bagus kok
    makasih ya… buat informasinya tentang program inkspace
    thank’s gbu!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2014 notepad

Theme by Anders NorenUp ↑